cara menguras dan menyetel karburator

Post a Comment

CARA MENGURAS DAN MENYETEL KARBURATOR

Kali ini saya akan membahas tentang cara menguras dan menyetel karburator..

MENGURAS KARBURATOR
          Seiring pentingnya fungsi karburator pada sepeda motor maka kita harus sering mengecek kebersihannya apalagi karburator langsung berhubungan dengan mesin maka proses pengurasan sebagai berikut
  siapkan alatnya dulu : tepat bensin untuk menguras,kuas, kain lap, kompresor jika ada atau botol aqua isi dengan bensin kemudian lubangi tutup dengan paku, kunci ring 8 obeng - dan +, kunci ring pas 10, tang.
   mulai pembingkaran dengan:
   a. lepas selang bahan bakar dan jika tidak ada vakum atau vakumnya sudah rusak maka sumbat selang bahan bakar dengan baut atau jepit agar bahan bakar tidak keluar(jika ada keran maka lepas baut keran dan tutup keran seperti halnya karburator motor supra)
   b. lepas kan baut karet filter (yang di lepas yang bawah saja)
   c. lepas 2 baut penghubung karburator dan manifold
   d. lepas karburator dari karet filter dan manifold
   e. lepas skep dan cook
   f. tuang sisa bensin yang masih didalam karburator ke tempat pengurasan
   g. lepas baut kecil tutup bawah karburator dan buka tutupnya
   h. lepas pin pengancing apung apung
   i.  lepas pelampung dan jarum pelampung
   j.  lepas main jet (saluran utama atau bagian besar dengan ring 8)
   i.  lepas slow jet (saluran kecil)
   k. mulailah membersihkan komponen dengan bensin kemudian semprot dengan kompresor agar sisa - sisa kotoran hilang, jangan lupa buka kotak filter dan bersihkan juga.

Setelah bersih pasang komponen dengan alur kebalikan dari pembongkaran diatas.

PENYETELAN 
 Setelah semua komponen bersih dan terpasang dengan benar maka tinggal kita menyetelnya.

pertama hidupkan motor dan putar sekrup gas yang terletak lurus dari skep , putar kearah jarum jam hingga putaran mesin menjadi besar agar nanti saat melakukan penyetelan udara motor tidak mati.

setelah suara keras atau putaran mesin tinggi maka putar lah sekrup udara atau pengatur campuran udara kearah jarum jam hingga mentok.

setelah mentok maka putarlah kebalikan jarum jam dengan cara pelan pelan biasanya 1 setengah putaran akan tetapi lebih baik dengan di dengarkan apa bila saat di putar ke kiri sudah mencapai putaran mesin tertinggi atau suara paling keras maka berhentilah. dan jangan di putar lagi!!!

setelah putaran mesin sudah tertinggi maka putar lah sekrup gas ke arah kiri atau mengecilkan putaran mesin hingga posisi standar apabila ada TACHOMETER maka putarannya 1300 - 1500 rpm(rotasi permenit) untuk motor bebek biasa. 

setelah itu uji coba dengan menarik gas jika sudah tidak mengalami kendala atau suara tidak tersendat ( mrebet) maka proses penyetelan berhasil.. jika masih mrebet ulangi penyetelan karbu seperti diatas hingga berhasil..

@SLAMAT MENCOBA@

Related Posts

Post a Comment