CARA MENGGANTI PISTON ATAU TORAK PADA SEPEDA MOTOR

2 comments


Sebagai pengguna ataupun pengendara sepeda motor mungkin tak asing lagi dengan kata piston atau torak atau bengkel kadang menyebut dengan zuiger(seker).

Suatu pertanyaan para pengguna sepeda motor yang masih awam terhadap komponen sepeda motor,, kenapa orang-orang pada tidak asing dengan kata piston? apan yang menyebabkan piston begitu terkenal? seperti apa sih sebenarnya piston itu?

Nah kali ini saya akan membahas mengenai pengganatian pisaton akan tetapi sebelum saya tulis ncara penggantiannya saya jelaskan dulu apa itu piston..


PISTON adalah komponen pada mesin yang berfungsi untuk meng kompres(menekan)..

maka pada sepeda motor piston digunakan pada mesin untuk menekan campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar untuk di bakar .
Sedangkan piston terletak pada mesin bagian depan yakni bagian silinder..

Nah karena piston ini kerjanya menekan dengan bergerak naik turun di dalam silinder maka banyak kemungkinan piston ini akan cepat rusak.. Bagaimana kah kerusakan piston?

1. Piston macet
2. Piston Tergores
3. Piston jebol
4. Piston berbunyi
5. Piston ngelos


Nah dari banyak permasalahan di atas maka berbeda" sebab dan akibatnya...
yaitu:
1. Piston macet biasa di sebabkan oleh minyak pelumas yang kurang..
       Minyak Pelumas atau oli di dalam sepeda motor berfungsi sebagai pelumas mesin agar mngurangi gesekan pada setiap komponen dan juga sebagai pendingin.

=> Apabila oli habis maka piston tidak akan mendapatkan pelumasan saat bergerak maka dari itu piston bisa macet
=> Apabila oli habis maka suhu pada mesin akan panas dang memungkinkan piston memuai hal ini yang menyebabkan piston macet.

2. Piston Tergores
       Nah hal ini terjadi sebelum kerusakan di atas terjadi juga di sebabkan oleh oli yang kurang.. maka akan menyababkan goresan piston dan silinder menjadi besar.

3. Piston Jebol

      Piston jebol biasanya di sebabkan oleh benturan piston dengan komponen lain atau mungkin komponen yang bukan merupakan bagian dari motor.

=> Piston berbenturan dengan katup, hal ini yang sering terjadi setelah motor melakukan pembongkaran karena pemasangan rantai kamprat yang tidak pas.. selain bisa menyebabkan piston jebol bisa dipastikan katup juga akan bengkok.
=> Piston jebol bisa juga karena berturan dengan benda yang masuk kedalam ruang bakar.. hal ini biasanya ketledoran saat memasang atau merakit mesin atau juga bisa terjadi saat penggantian busi dan melakukan pelepasan karbu. maka dari itu setelah anda membungkar komponen maka sumbatlah lubang dengan kain agar tidak kemasukan benda  biasanya yang sering masuk adalah baut ataupun mur kecil.

4. Piston berbunyi

     Hal ini di sebabkan karena adanya keausan pada salah satu komponen biasanya pada pin piston.
5. Piston ngelos atau tidak adanya kompresi
     Hal ini merupakan akibat dari kerusakan yang lain karena sudah terlalu parah maka piston akan tidak sesuai dengan ukurannya yang disebabkan oleh gesekan hal ini menyababkan piston gagal mengkompres atau biasa di sebut dengan kebocoran kompresi (kompresi bocor)



Nah Apabila sudah mengalami masalah diatas solusi utamanya yaitu dengan mengganti komponen yang rusak.

CARA PENGGANTIAN:

Alat yang di gunakan:


  1. kunci momen
  2. kunci ring
  3. kunci T
  4. obeng - kecil
  5. tang
Langkah-langkah:

1. buka body motor yang sekiranya mengganggu dan pastikan kerja tidak terganggu oleh komponen lain 
2. Pasang standar dua motor agar bisa tegak dan tidak miring
3. Bongkar komponen karbu serta manifold
4. Lepaslah knalpot
5. lepas busi
6. Putar manggit agar posisi piston pada posisi T kompresi
7. buka tutup katup untuk memastikan piston pada posisi T kompresi dengan menggoyangkan penekan katub apabila bergerak bebas maka posisi benar pada T kompresi.
8. Buka tutup timming dan lepas gear timming
9. Buka baut kepala silinder dengan cara menyilang
10. Buka baut samping yang menghubungkan silinder dan kepala silinder
11. Tarik kepala silinder dengan hati hati  dan lepaslah silinder
12. Lepas pen piston pada satu samping dengan menggunakan obeng men kecil
13. Keluarkan pen piston dengan cara di dorong dari arah samping
14. Lepas piston
15. Bersihkan bagian bagian yang berbekas lem silinder hingga benar-benar bersih
16. Pasang piston dan pen piston (Jangan lupa lumasi oli yang baru sebelum di pasang di silinder)
17. Pasang pengancing piston dan juga jangan lupa pasang Ring piston dengan sudut sambungan 120 Derajat
18. Pasang packing atau gasket yang baru jangan lupa di lem
19  Kemudian pasang lagi silinder dan kepala silinder
20. Rakit lagi secara terbalik cara di atas



Baik Trimakasih Telah membaca....



Related Posts

2 comments

  1. Wahh bagus om...terimakasih ilmunya semoga kedepanya dapat membuat blog"tentang dunia otomotif kembali...dan tentunya dapat bermanfaat bagi semua orang ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, makasih gan sudah baca coretan saya.hehe

      Delete

Post a Comment