TEKNIK DASAR SEPEDA MOTOR

1 comment

      
Dalam masa ini tidak mungkin ada yang tidak mengenal sepeda motor . Suatu alat yang bukan lagi sebagai ukuran orang kaya atau miskin karena hampir semua rumah sudah memiliki motor karena kebutuhan lah yang mengharuskan kita ada motor.
   Akan tetapi tak mungkin suatu alat tidak akan pernah mengalami kerusakan,untuk orang yang banyak uang mungkin enteng bisa ke bengkel atau mungkin langsung beli lagi namanya orang kayeee. . Hehehe
             Nah untuk orang" yang yang yang lebih memilih menservice sendiri pasti ia berlomba - mencari ilmu tentang alat satu ini..  maka dari itu saya mengajak mari kita pelajari dari awal sepeda motor supaya kita tidak ketinggalan zaman.

  DASAR DASAR
           
        Dalam sepeda motor yang dapat kita kendariai  yakni terdapat 3 bagian.:
1.Bagian mesin atau engine
2.Bagian kelistrikan
3 Bagian chasis atau rangka

KITA PELAJARI DULU DASAR-DASARNYA:

1. Bagian engine

        Bagian engine atau mesin yaitu bagian seoeda motor yang paling penting karena disitulah sumber adanya tenaga atau tenaga mesin yang kita nyalakan atau gunakan kita munculkan dari mesin itu.
mesin pada sepeda motor pada umumnya menggunakan mesin dengan motor bakar atau  terjadinya tebaga putar atau gerak karena suatu pembakaran yang di lakkukan di dalam mesin yang kemudian di rubah menjadi gerak.

Ajan tetapi bukan berarti motor sekarang tidak ada yang tidak pakai bensin..  kenapa?? Trus apa yang di bakar???
 Jawaban dari pertanyaan diatas adalah mereka bukan menggunakan motor bakar tetapi menggunakan motor listrik.. dimana ia di gerakjan menggunakan suatu kumparan di dalam mesinnya yang kemudian di aliri listrik untuk menghasilkan medan magnit..  


KEUNGGULAN MOTOR BAKAR DI BANDING MOTIR LISTRIK:

    Kenapa saya jarang melihat motor listrik? Kenaoa tidak terlalu banyak yang menggunakan??
      Jawabannya karena motor listrik sumber tenaganya berasal dari listrik maka dari itu kita harus membawa cadangan listrik kemanaoun sedangkan motor bakar menggunakan bensin dan di pinggir jalan pun banyang yang jual.
yabg kedua karena menggunakan listrik maka tenaga yang dihasilkan motor listrik akan cenderung lemah di banding motor yang berbahan bajar.

2. Bagian kelistrikan
        Pada sepeda motor ada yang namanya kelistrikan fungsi kelistrikan sendiri yakni banyak sekali antara lain:
   A. Pengapian
          Pada kelistrikan sepeda motor pengapian lah yang paling penting karena untuk terjadinya motor hidup ada tiga syarat yaitu .
        -adanya campuran bahan bakar yang pas
        -adanya kompresi yang sesuai
        -adanya pengapian yang tepat
Fungsi dari pengapian yaitu untuk membakar campuran bahan bakar yang sudah di kompresi di ruang bakar agar terjadinya kerja.
Sumber listrik ini adalah dari maghnit dan kumparan yang biasa terdapat disisi mesin motor  dan menghasilkan listrik apabila maghnit di putar.
     B. Kelistrikan body
          Pada kelistrikan body fungsinya untuk memberikan suply ke seluruh aksesoris motor dimana aksesoris itu di buat untuk kea8manan berkendara
    C. Pengisian 
           Pada sepeda motor ada yang namanya batrai at

atau kita bisa menyebut accu atau AKI yang mana ia berfungsi sebagai penyimpan listrik dalam jangka waktu tertentu dan memberikan cadangan untuk di suplykan ke seluruh kelistrikan motor yang memungkinkan motor di start awal.

3. Bagian chasis
       Dalam motor tidaklah mungkin hanyalah sebatas mesin hidup agar bisa di gunakan harus ada alat penopang meng memungkinkan motor dapat di gunakan
 chasis:
     A.  Body atau rangka sepeda motor
          fungsi sebagai tempat komponen komponen motor dan mesin motor
     B. Suspensi
          fungsi sebagai peredam kejut agar tidak terlaly keras menenerima hentajan jalan
     C. Stang kemudi
          fungsi untuk mengarahkan jalannya sepeda motor
     D. Rem
          fungsi untuk memperlambat laju kendaraan dan menghentikan laju kendaraan
     E.  Roda Dan Ban
          fungsi untuk menopang kendaraan dan sebagai penerus gaya dari motor ke jalan.




     Mungkin itu dulu yang kita bahas untuk besok kita akan bahas secara detail .. di tunggu yaa.....   

Related Posts

1 comment

  1. Manfaat membuat website rental sepeda motor listrik memberikan platform untuk promosi yang lebih efektif dan luas. Melalui strategi pemasaran online, termasuk optimasi mesin pencari (SEO), perusahaan dapat mencapai audiens yang lebih besar, meningkatkan visibilitas merek, dan menarik calon pelanggan potensial.

    Dengan mengeksplorasi fungsi website rental sepeda motor listrik bukan hanya tentang penerapan teknologi digital, tetapi juga tentang memberdayakan pelanggan, meningkatkan efisiensi operasional, dan memperluas dampak positif terhadap industri rental dan lingkungan.

    Secara keseluruhan, kelebihan website rental sepeda motor listrik tidak hanya memperluas jangkauan bisnis dan meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga memberikan kontribusi pada perubahan positif dalam mobilitas dan lingkungan.

    ReplyDelete

Post a Comment